Profil Masyarakat

Kabupaten Sidoarjo merupakan Dataran Delta dengan ketinggian antar 0 s/d 25 m, ketinggian 0-3m dengan luas 19.006 Ha, meliputi 29,99%, merupakan daerah pertambakkan yang berada di wilayah bagian timur Wilayah Bagian Tengah yang berair tawar dengan ketinggian 3-10 meter dari permukaan laut merupakan daerah pemukiman, perdagangan dan pemerintahan. Meliputi 40,81 %. Wilayah Bagian Barat dengan ketinggian 10-25 meter dari permukaan laut merupakan daerah pertanian.

Penduduk adalah faktor penting dalam membangun suatu pemerintahan dan pembangunan. Sebab selain menjadi obyek pembangunan penduduk sekaligus menjadi pelaku pembangunan. Jumlah Penduduk di Kabupaten Sidoarjo tahun 2018 hasil proyeksi penduduk mencapai 2.226.424 dengan komposisi jumlah penduduk laki-laki 1.122.597 jiwa dan penduduk perempuan berjumlah 1.103.827 jiwa.

jumlah-penduduk-sda.jpg

                                                             Kepadatan Penduduk : 2.750 jiwa/per Km2.

Kecamatan yang paling padat dihuni penduduk adalah Waru, Taman, Sidoarjo, Candi, Krian, Gedangan, Sukodono, Sedati, Tanggulangin, Buduran, Tulangan, Porong, Wonoayu, Prambon, Balongbendo, Krembung dan Tarik. Pertambahan penduduk di Kabupaten Sidoarjo,  bukan dikarenakan tingginya angka kelahiran, akan tetapi lebih dikarenakan arus urbanisasi sebagai dampak dari pertumbuhan sektor industri dan perumahan di Sidoarjo  serta sekaligus sebagai daerah penyangga Kota Surabaya.

Indeks Pembangunan Manusia Metode Baru Dan Komponennya Di Kabupaten Sidoarjo Tahun 2018 sebagai berikut : Angka Harapan Hidup mencapai 73,63, Harapan lama Sekolah mencapai 13,89, Rata-rata Lama Sekolah mencapai 10,12, Pengeluaran Perkapita Disesuaikan sebesar Rp 12.879.

  ipm.jpg
Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Sidoarjo mengalami penurunan dari tahun 2017. Saat ini tingkat kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo mencapai 5,63 %.
selayangpandang2018revisi-12-1.jpg

Kabupaten Sidoarjo merupakan daerah pertanian yang subur sebagai lumbung pangan, mempertahankan petanian yang maju agar bisa swasembada pangan dengan cara intensifikasi pertanian dan menggunakan mekanisasi teknologi tepat guna.Industri menjadi faktor penting sebagai perwujudan kesejahteraan, maka kedua hal itu harus berkembang secara serasi. Selain itu, masyarakat Kabupaten Sidoarjo berbudaya hidup dengan lingkungan yang bersih, rapi, serasi, hijau, sehat, indah dan nyaman.  

maxresdefault.jpg

industri-kerupuk-sidoarjo

masyarakat1.jpg