Presiden CityNet Indonesia Saiful Ilah Tingkatkan Kerjasama Antar Kota di Asia Pasifik

citynet5.jpeg

 

 

KOMINFO, Sidoarjo - Rapat Kerja CityNet Indonesia tahun 2018 membahas enam point utama yang telah diputuskan pada Konggres CityNet Indonesia tahun lalu, 3 Oktober 2017 di Balikpapan, diantaranya “Meningkatkan Kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan lokal, nasional maupun global”. Sebanyak 24 Kabupaten/Kota yang menjadi anggota CityNet Indonesia ikut dalam rapat kerja yang berlangsung selama satu hari, di Hotel Sari Pasific - Jakarta, Senin, (5/11).

 

 

Sedangkan lima agenda lainnya yang masuk dalam pembahasan, diantaranya meningkatkan capacity building melalui kerjasama dengan pemangku kepentingan, membuka hub-office di Jakarta, membuka pusat pemberdayaan komunitas, dan yang kelima mengusulkan secara tertulis ke Kementerian Dalam Negeri tentang kode rekening belanja iuran.

 

citynet1.jpeg

 

Presiden CityNet Indonesia Saiful Ilah mengatakan tujuan dari rapat kerja ini merumuskan ide gagasan yang dibutuhkan dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan dan memberikan solusi terhadap permasalahn pemerintahan daerah dimasing-masing kabupaten/kota yang tergabung dalam anggota CityNet Indonesia.

 

 

Saiful Ilah Presiden CityNet Indonesia yang juga menjabat sebagai Bupati Sidoarjo ini meminta kepada seluruh anggota CityNet Indonesia untuk mempromosikan setiap kegiatan CityNet didaerahnya masing-masing, agar keanggotaan CityNet Indonesia semakin bertambah.

 

 

Meningkatkan kerjasama antar kab/kota, baik dalam negeri maupun luar negeri, khususnya kerjasama antar kota di Asia Pasific yang menjadi anggota CityNet dan meningkatkan hubungan kerjasama dengan kota di negara sahabat, diantaranya dengan Korea Selatan, saya juga mengajak anggota mempromosikan kegiatan CityNet Indonesia agar jumlah anggota terus bertambah”, kata Saiful Ilah Presiden CityNet Indonesia periode 2017 - 2021 yang terpilih melalui konggres CityNet pada 3 Oktober 2017 di Balikpapan.

citynet3.jpeg

 

 

Saiful Ilah menambahkan, banyak keuntungan yang diperoleh sejak bergabung dengan CityNet, seperti yabg sudah dilakukan oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) Sidoarjo. Tahun 2016 Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sidoarjo kerjasama dibidang kesehatan dengan Seoul National University - Korea Selatan.

 

 

Tenaga medis RSUD Sidoarjo dikirim ke Seoul untuk menambah pengetahuan dibidang kesehatan, tahun 2015 Sidoarjo juga berkesempatan menyelenggarakan CityNet 33rd Excekutif Meeting and International yang diikuti oleh puluhan negara di Asia Pasifik.

 

 

Turut hadir pada raker CityNet tahun ini, M.Hudori Direktur Kawasan Perkotaan dan Batas Negara Kemendagri RI, Nelson Simanjutak Kepala Pusat Fasilitasi dan Kerjasama Kementerian Dalam Negeri RI, Mr. Jaime Paulie Mora dari Filiphina Selaku Project Manager CityNet Asia Pasific dan Aisya Tobing selaku deputi Sekretaris Jenderal CityNet Asia Pasifik.

 

citynet4.jpeg

 

Walikota Sukabumi Jabar, Walikota Kupang NTT, Walikota Pangkal Pinang Babel, Walikota Banjarbaru Kalsel, Walikota Banjar Jabar dan Walikota Denpasar.

 

 

Jumlah kab/kota yang sudah bergabung saat ini mencapai 139 anggota di wilayah Asia Pasific, CityNet telah berdiri selama 30 tahun, misi utamanya menghubungkan perkotaan di Asia Pasific dibidang Kesehatan, Penanganan Bencana, Bidang Pengairan, Perubaham Iklim dan Program Capacity Building sumber daya manusia.

 

 

Project Manager CityNet Asia Pasific Jaime Paulie Mora menyampaikan bahwa keuntungan bergabung dengan CityNet diantaranya CityNet memberikan pelatihan kepada pemimpin kota atau bupati/walikota dalam membuat kebijakan, menyediakan fasilitas dialog, kegiatan berbagi pengalaman atau sharing best practice antar kota se Asia Pasific dan Citynet juga memfasilitasi kerjasama antar kota.

 

citynet6.jpeg

 

Tahun 2019 sejumlah program kegiatan telah disiapkan, diantaranya Support to National Chapter Activities, Support to Cluster Activities, 33 rd Kuala Lumpur Regional Training Center Workshop, Seoul Humas Resource and Development Cooperation Workshop, Climate Change Leadership Program Phase di Jakarta.

 

 

Bagi anggota yang ikut dalam kegiatan tersebut akan mendapatkan akses penuh informasi, peningkatan kapasitas dan kerjasama antar kota di Asia Pasific, kegiatan ini dapat memperkuat city brand dan dapat menarik investor datang ke kota anda,” ujar Jaime.

 

 

Bupati Saiful Ilah hadir didampingi Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin, Sekda A. Zaini, Kepala Bappeda Agus Budi Cahyono, Kepala Dinas PU PR Sigit Setyawan dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ari Suryono dan Kabag Pemerintahan Imam Mukri. (ir/kominfo).

 

 

Posted in "Berita"