Fasilitas Transportasi

Transportasi merupakan salah satu elemen penting bagi perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain. Terdapat banyak sekali fasilitas transportasi di wilayah Kabupaten Sidoarjo guna untuk mempermudah masyarakat mengakses suatu wilayah. Sarana dan prasarana transportasi terus dibangun guna untuk meningkatkan daya akses masyarakat maupun mempermudah akses investor yang ingin mempersiapkan investasi / penanaman modal di Sidoarjo. Berikut ini adalah fasilitas transportasi umum yang ada di Kabupaten Sidoarjo yang melayani Transportasi keluar-masuk wilayah Kabupaten Sidoarjo sebagai berikut:

1. Bandara Juanda

surabayaairport.jpg

Merupakan salah satu Bandar Udara terbesar di Indonesia. Beberapa kali pernah dinobatkan sebagai bandara terbersih se-Indonesia. Memiliki kode IATA: SUB, kode ICAO: WARR. Bandara ini memiliki panjang landasan 3000 meter dengan luas terminal sebesar 51.500 m², atau sekitar dua kali lipat dibanding terminal lama yang hanya 28.088 m². Bandara baru ini juga dilengkapi dengan fasilitas lahan parkir seluas 28.900 m² yang mampu menampung lebih dari 3.000 kendaraan. Bandara ini diperkirakan mampu menampung 13 juta hingga 16 juta penumpang per tahun dan 120.000 ton kargo/tahun.

2. Terminal Purabaya Bungurasih

bungurasih-hallo-indo.jpg

Letak terminal Purabaya berada di sisi selatan kota Surabaya, tepatnya di Bungurasih Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Terminal Purabaya  merupakan terminal tipe A dengan luas lahan 120.000 m², melayani angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkitan Kota. Jaringan trayek angkutan kota yang dilayani Terminal Purabaya adalah Bus Kota.

3. Stasiun Sidoarjo

300px-sidoarjostationaugust2017.jpg

Stasiun Sidoarjo adalah Stasiun Kereta Api kelas I yang terletak di Kecamatan Lemahputro. Stasiun ini dilewati jalur kereta api menuju timur (Jember-Banyuwangi) dan jalur menuju Malang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +4 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi VIII Surabaya. Selain terdapat kereta luar kota, juga terdapat kereta tujuan lokal, yaitu kereta Commuter (Surabaya-Porong) dan juga kereta Jenggala (Sidoarjo-Jombang).

4. Halte Trans Sidoarjo

 whatsapp-image-2018-07-12-at-092525.jpeg

Halte ini melayani rute Bus Trans Sidoarjo yang mengarah dari Terminal Bungurasih ke Terminal Pasar Porong. Halte yang ada di Kabupaten Sidoarjo sendiri berjumlah 8 halte. Tarif yang dipasang sendiri untuk kategori umum seharga Rp. 5000 dan pelajar seharga Rp. 2000. Waktu Operasi Bus Trans Sidoarjo dimulai pada pukul 05.30 WIB sampai pukul 19.30 WIB.

5. Jalan Tol Surabaya-Pasuruan/Malang

kursus-mengemudi-mobil-di-sidoarjo-082139793354.jpg

Jalan tol ini beroperasi sejak tahun 1986, dan menjadi akses utama jalur Surabaya-Malang dan Surabaya-Pasuruan yang merupakan salah satu daerah industri utama di Jawa Timur. Jalan tol ini dari Surabaya hingga Gempol berdiri sepanjang 43 kilometer, namun 6 kilometer bagian dari tol ini ditutup akibat peristiwa luapan Lumpur Lapindo yang menenggelamkan jalan tol Surabaya-Gempol ruas Porong-Gempol sejak 2006.

Selain transportasi antar kota, juga ada transportasi lokal, seperti :

1. Angkutan Kota (Angkot)

img-20180528-wa0020-620x330.jpg

Terdapat kurang lebih 55 buah trayek angkot yang menghubungkan wilayah antar kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. Terdapat juga beberapa halte dan tempat singgahan yang biasanya digunakan para supir angkot untuk mencari penumpang, seperti di halte RSUD Sidoarjo dan Terminal pasar Larangan.

2. Mobil Elf

elf.jpg

Transportasi ini menggunakan mobil sejenis mobil travel. Biasanya rute yang ditempuh adalah Terminal Purabaya-Terminal Pasuruan dan Terminal Purabaya-Terminal Arjosari. Umumnya tempat berhenti untuk mencari penumpang sama seperti yang dilalui oleh Angkot.

Terdapat juga beberapa transportasi lain misalnya seperti ojek (online/offline) dan becak. umumnya mereka cuma mengantar penumpang pada lokasi jarak yang sangat dekat dan umumnya hanya digunakan sebagai penunjang bukan untuk transportasi utama.