Ruang Terbuka Hijau

Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan area terbuka yang dapat dikunjungi masyarakat untuk menikmati suasana taman dan dapat dijadikan piknik bagi keluarga. Terdapat banyak Ruang Terbuka Hijauh yang dapat dikunjungi di Kabupaten Sidoarjo, seperti Alun-Alun Sidoarjo, Taman Tanjung Puri di Bluru, Taman Abhirama di Pondok Jati.

  • Alun-alun Kabupaten Sidoarjo terletak di Jalan Ahmad Yani, Sidoarjo merupakan area yang dapat dijadikan sebagai area piknik bagi keluarga pada saat akhir pekan. Biasanya pada hari Minggu dikawasan ini dijadikan sebagai area Car Free Day (CFD), atau hari tanpa kendaraan. Di dalamnya kita dapat melakukan berbagai macam aktivitas olahraga.

alun-alun-sidoarjo-0032.jpgalun-alun Sidoarjo (surabayadrone.com

  • Tanjung Puri terletak di desa Bluru, Kecamatan Sidoarjo. RTH ini menjadi proyek percontohan bagaimana menjadikan tempat yang nyaman dan ramah lingkungan. Dahulunya, RTH ini adalah tempat pembuangan sampah yang kotor dan jorok. Kini, Pemkab Sidoarjo menyulapnya menjadi tempat yang berfungsi untuk edukasi lingkungan hidup, tempat jalan-jalan santai menghirup udara segar bagi warga Sidoarjo sekaligus tempat bernuansa budaya karena disana ada tiga bangunan utama berarsitektur Jawa.

tanjung20puri.jpgTaman Tanjung Puri

  • Taman Abhirama di Pondok Jati, Kelurahan Pagerwojo, Kabupaten Sidoarjo. Taman ini terletak pada jalan lingkar barat yang juga berdekatan dengan Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Terdapat beberapa macam permainan anak-anak yang bisa digunakan di sana. Letaknya yang mudah diakses membuat Taman Abhirama sering dikunjungi masyarakat sekitar untuk bermain.

taman-abhirama-07.jpgTaman Abhirama