Bupati Sidoarjo Terima Penghargaan Pembina K3 di Awal Tahun 2019

k3-3.jpeg

KOMINFO, Sidoarjo – Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, S.H, M.HUM, diawal tahun 2019 kembali mendapat penghargaan Pembina kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dari Gubernur Jawa Timur. 

Penyerahan penghargaan Pembina K3 Bupati / Walikota, Zero Acident ( niihil Kecelakaan), Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) dan Program Pencegahan dan penanggulangan HIV – AIDS (P2 HIV – AIDS) di tempat kerja kepada perusahaan periode tahun 2018 Provinsi Jawa Timur diserahkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Heru  Tjahjono, MM, sore ini, Jumat (1/2) di Gedung Negara Grahadi – Surabaya.

k3-2.jpeg

Penyerahan penghargaan tersebut disaksikan oleh Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kementerian Tenaga Kerja RI, Ketua Apindo dan Serikat Pekerja Jawa Timur.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Dr. Himawan Estu Bagijo, S.H, MH, melaporkan bahwa penghargaan ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan di provinsi Jawa Timur yang menerapkan Sistem Manajemen K3, sehingga angka kecelakaan kerja nihil, serta menerapkan sistem pencegahan HIV- AIDS di perusahaan.

Dan untuk penghargaan Pembina K3 tahun 2019 diberikan kepada 10 Bupati / Walikota di provinsi Jawa Timur diantaranya Walikota Surabaya, Bupati Gresik, Bupati Sidoarjo, Bupati Pasuruan, Bupati Malang, Bupati Tuban, Bupati Mojokerto, Walikota Malang, Walikota Madiun, dan Bupati Blitar.

k3-4.jpegUntuk penghargaan Zero Accident sejumalah 331 perusahaan, yang pada tahun 2019 ini mengalami kenaikan 20,1 % dari tahun sebelumnya. Untuk Kabupten Sidoarjo perusahaan yang mendapat penghargaan Zero Accident ini sebanyak 33 perusahaan. Dan Penerimaan penghargaan Zero Accident secara simbolis diterima oleh PT Pakerin, PT. Santos Jaya Abadi. Sebaran penghargaan K3 ini meningkat dari sebelumnya dari 38 Kabupaten kota se- Jawa Timur tahun lalu hanya 24 kabupaten / kota sekarang 31 Kabupaten / kota penerima penghargaan K3.

Untuk penerima Penghargaan Sistem Manajemen K3 ada 265 perusahaan se- Provinsi Jawa Timur ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya hanya  84 perusahaan. Penghargaan ini naik 200 persen lebih dari tahun sebelumnya,”jelas Himawan.

Sedangkan penghargaan Program Pencegahan dan penanggulangan HIV – AIDS sebanyak 31 perusahaan yang terbagi di 17 Kabupaten / Kota di Provinsi Jawa Timur. Untuk Kabupaten Sidoarjo secara simbolis diwakili oleh PT. Ispatindo. (eny/kominfo)

Posted in "Berita"