Bupati Saiful Ilah : Pentingnya Pers Bagi Kemajuan Ekonomi Sidoarjo

pers2.jpeg

KOMINFO, Sidoarjo - Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengatakan, pers mempunyai peranan penting dalam pembangunan perekonomian di Sidoarjo, karena pers merupakan suatu media yang bisa menyampaikan informasi secara valid kepada masyarakat.

 

"Pers merupakan pilar demokrasi, pers sangat membantu dalam membangun demokrasi yang sehat dan sebagai kontrol pemerintah dalam menjalankan menjalankan roda pemerintah yang bersih, amanah dan bertanggung jawab. Pers juga berberan penting dalam menciptakan kondisi yang aman dan kondusif, daerah yang kondusif akan berdampak pada kemajuan pembangunan ekonomi” kata Abah Ipul, sapaan akrab Saiful Ilah, usai menghadiri talk show dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 dan launching tema serta maskot HPN 2019, di Hotel Mercure Grand Mirama, Jalan Darmo, Surabaya, Selasa malam (6/11).

 

Selain itu, Abah Ipul mengatakan, keberhasilan pembangunan di Sidoarjo tidak lepas dari peran pers, pemberitaan yang positif bisa memberikan dampak bagi investor, sehingga mereka (investor) tertarik berinvestasi di Sidoarjo.

pers1.jpegSemakin banyak diberitakan positifnya semakin banyak investor yang akan berinvestasi di Sidoarjo, pers sangat penting bagi kemajuan ekonomi Sidoarjo”, ungkap Abah Ipul.

 

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengatakan tentang tema Hari Pers Nasional 2019, di mana Jatim menjadi tuan rumah penyelenggaraan. Yakni, 'Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital'.

 

Pada era digitalisasi sekarang ini, Soekarwo meminta kepada pers bersama rakyat bersinergi memberdayakan ekonomi kerakyatan, khususnya di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). " misalnya menggandeng bukalapak.com untuk memberdayakan sektor UKM di Jatim,"

 

pers3.jpegPakar komunikasi politik asal Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Suko Widodo mengingatkan bahwa yang perlu menjadi catatan bagi pers di Jatim dan Indonesia adalah kualitas berita.

 

 

Ia mengaku respek terhadap PWI Jatim yang mendorong wartawan melanjutkan jenjang sekolah S2 maupun S3 sebagai salah satu upaya membentuk sumber daya manusia berkualitas, kata Suko Widodo.

 

Turut hadir Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, penanggung jawab HPN 2019 Margiono, Wakil Ketua Bidang Kerja Sama PWI Jatim Lutfil Hakim, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, pengurus PWI Jatim, Head of Sales bukalapak.com, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, serta sejumlah tokoh pers Jatim. (ir/kominfo).

 

 

Posted in "Berita"