Bupati dan Wakil Bupati Ziarahi Makam Mantan Bupati Sidoarjo

ziarah4.jpeg

KOMINFO, Sidoarjo - Ziarah ke makam mantan bupati Sidoarjo terdahulu dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum dan H. Nur Ahmad Syaifuddin SH pada Jumat, (1/2). Ziarah untuk mengenang jasa para bupati terdahulu tersebut dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke 160 Kabupaten Sidoarjo tahun 2019. Ziarah dilakukan bersama seluruh pejabat Sidoarjo.

Ziarah pertama dilakukan dimakam Bupati Sidoarjo R. Suriadi Kertosuprojo yang di makamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sidoarjo. Namun sebelumnya dilakukan upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan di tempat tersebut. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah memimpin jalannya upacara yang dilanjutkan tabur bunga dan panjatan doa pada makam Bupati R. Suriadi Kertosuprojo yang pernah memimpin Sidoarjo  di tahun 1950-1958.

Selepas ziarah dimakam Bupati R. Suriadi Kertosuprojo, peziarah dibagi menjadi tiga kelompok. Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo melanjutkan ziarah ke makam Bupati pertama Sidoarjo RT.Notopuro. Bupati yang bergelar RTP. Tjokronegoro I tersebut dimakamkan di makam Asri Hing Pendhem yang berada di belakang Masjid Agung Sidoarjo. Usai berziarah disitu ia bergeser ke makam bupati ketiga Sidoarjo R.P. Sumodiredjo yang dimakamkan ditempat pemakaman yang sama.

 ziarah2.jpeg

Selepas dari makam Asri Hing Pendhem, rombongan bupati ziarah kemakam Tjondronegoro. Dimakam tersebut terdapat makam bupati R.A.A.P. Tjondronegoro I serta R.A.A. Tjondronegoro II dan R.A.A. Soejadi. Kemudian rombongan ziarah menuju makam Rekso Praloyo. Dimakam yang bersebelahan dengan makam Asri Hing Pendhem tersebut terdapat makam Bupati Sidoarjo Kolonel. Polisi. H. Soewandi.

Usai berziarah kemakam bupati Sidoarjo yang berada di Sidoarjo, rombongan bergerak ke makam Boto Putih Surabaya. Di makam tersebut terdapat makam bupati Sidoarjo ke dua Kanjeng Djimad Djokomono. Bupati Sidoarjo yang bergelar RTAA Tjokronegoro II tersebut merupakan kakak kandung bupati Sidoarjo pertama.

Ditempat terpisah Sekda Sidoarjo H. Ahmad Zaini berziarah ke makam mantan Bupati Sidoarjo H. A. Chudlori Amir di makam Islam Jetis Sidoarjo. Ia bersama Kepala Bappeda Sidoarjo Agoes Tjahjono, Kabag Pembangunan Beny Airlangga serta Kabag Pemerintahan Imam Mukri Afandy dan salah satu staf ahli bupati. Usai berziarah ke makam bupati yang wafat tahun 2002 tersebut rombongan bergerak menuju makam mantan Bupati Sidoarjo R. H. Samadikoen yang dimakamkan di makam Dusun Pandan Kecamatan Pacet Mojokerto. Untaian doa dipanjatkan Sekda Sidoarjo kepada arwah bupati yang pernah memimpin Kabupaten Sidoarjo di tahun 1959 sampai tahun 1964 tersebut.

 ziarah1.jpeg

Sedangkan kelompok lainnya berziarah ke TMP Suropati Malang. Rombongan dipimpin oleh Kepala Dinas Sosial Sidoarjo Eko Udjiono bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Ir. Sigit Setyawan dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo Tjarda. Di TMP Suropati Malang terdapat pusara mantan Bupati Sidoarjo Kol.Pol. H.R. Soedarsono yang pernah memimpin Kabupaten Sidoarjo di  tahun 1965 sampai 1975. (kominfo/sigit)

Posted in "Berita"