Anggota Pramuka Penegak dan Pandega Tanam Seribu Pohon

pramuka3.jpeg

KOMINFO, Sidoarjo - 216 orang anggota Pramuka Penegak dan Pandega ikuti Perkemahan Wirakarya di Bumi Perkemahan Jenggala Desa Tanjekwagir Kecamatan Krembung. Mereka akan melakukan perkemahan selama tiga hari. Mulai tanggal 21-23 Desember. Pelestarian lingkungan menjadi salah satu kegiatan yang dilakukannya. Mereka akan melakukan  penghijauan dengan menaman pohon. Ada seribu pohon yang akan ditanam. Sebagaian di tanam di Bumi Perkemahan Jenggala dan sebagaian ditanam diwilayah Desa Tanjekwagir.

Perkemahan Wirakarya dibuka Wakil  Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, pada Jumat sore, (21/12).  Ia katakan Perkemahan Wirakarya adalah salah satu wadah untuk mewujudkan gerakkan Pramuka. Membangun dan menguatkan semangat kebangsaan serta semangat kepedulian kepada lingkungan dan masyarakat adalah wujud gerakan Pramuka.

H. Nur Ahmad Syaifuddin yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo itu mengatakan Perkemahan Wirakarya kali ini dititik beratkan pada penghijauan di Bumi Perkemahan Jenggala. Selain itu juga akan dilaksanakan bakti sosial kepada masyarakat. Bentuknya penanaman pohon di desa setempat.

pramuka4.jpeg

"Perkemahan Wirakarya adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar dalam rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam pembangunan masyarakat,"ujarnya.

Bumi Perkemahan telah dibangun Pemkab Sidoarjo di Desa Tanjekwagir Kecamatan Krembung. Tempat tersebut dapat digunakan untuk kegiatan kepramukaan mulai tingkat gugus depan sampai  tingkat Jawa Timur. Namun fasilitasnya masih kurang. Meski begitu, H. Nur Ahmad Syaifuddin tetap bersyukur pembangunan Bumi Perkemahan selalu dianggarkan tiap tahunnya. Dengan begitu ia berharap Bumi Perkemahan Jenggal akan segera selesai pembangunannya.

"Banyak yang harus kita selesaikan tahap demi tahap,"sampainya.

Dalam kesempatan tersebut Wabup mengajak semua pihak membulatkan tekad memajukan kepramukaan di Sidoarjo.  Melalui prinsip-prinsip kepramukaan akan mencetak kader-kader bangsa yang dapat diandalkan memimpin bangsa kedepan. Ia katakan kepramukaan tidak hanya menjadikan anak-anak berhasil didalam dunia pendidikan saja. Tetapi akan mencetak generasi muda yang trampil. Generasi muda yang berfikiran matang dalam menyelesaikan permasalahan yang ada disekitarnya.

pramuka2.jpeg

"Kepramukaan akan memberikan kematangan berfikir menjadi anak-anak yang dewasa, anak-anak yang terampil menyelesaikan permasalahan yang ada disekitarnya dan anak-anak yang nantinya bisa diandalkan masyarakat untuk memimpin Indonesia kedepan, memimpin Sidoarjo kedepan,"ucapnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Perkemahan Wirakarya Achmad Gunawan Hadi mengatakan kegiatan Perkemahan Wirakarya dikemas dalam dua bentuk. Yakni bakti penghijauan Bumi Perkemahan Jenggala dan bakti masyarakat. Pesertanya Pramuka Penegak-Pandega berusia 16-25 tahun yang berdomisili di Kabupaten Sidoarjo. Ia juga katakan kegiatan kali ini mengambil tema "Bersatu Berbudaya dan Hijaukan Delta". Sesuai dengan tema tersebut peserta perkemahan akan melakukan penghijauan. Pohon Angsana, Glodokan dan pohon Trembesi akan ditanam di Desa Tanjekwagir Krembung.

Dalam pembukaan Perkemahan Wirakarya kemarin sore juga dihadiri Waka Bina Muda Kwarda Jatim drs. Ec.H. Hariadi Purwantoro. Dalam kesempatan tersebut dilakukan penanaman bibit pohon kelapa oleh wakil bupati Sidoarjo. (sigit/kominfo)

Posted in "Berita"